fbpx

Basic Facebook Ads, Pahami Dulu Konsepnya

Selain sebagai social media, Facebook juga memiliki satu fitur unggulan yang berguna, terutama bagi Anda yang akan memanfaatkan Facebook untuk berbisnis, yaitu facebook ads atau biasa disingkat FB ads. Apabila Anda seorang pemula yang ingin menggunakan facebook ads, Artikel ini akan memberikan pemahaman mengenai basic facebook ads. Semoga bermanfaat.

Basic Facebook Ads, Pahami Dulu Konsepnya

Sebelum membahas basic Facebook ads, berikut alasan mengapa kita harus beriklan di facebook

  • Jumlah pengguna Facebook di Indonesia saat ini mencapat 111jt orang, potensi market yang luar biasa
  • Sebagai social media, dengan jutaan user, facebook “mencatat” profil para penggunanya dengan baik dan detail. Tidak hanya sebatas nama, alamat, umur, namun sampai kepada minat, hobbi, pilihan merek yang digunakan, majalah yang dibaca, tokoh yang diidolakan dan lain-lain.
  • Dengan data yang detil, tentunya tidak sulit bagi kita untuk menemukan target market yang segmented. Target yang segmented tentunya akan memperbesar opportunity closing.
  • Bagi Anda yang menyasar market di luar Indonesia juga bisa menggunakan fitur FB ads ini, karena pengguna facebook ada di seluruh dunia.

Basic Facebook Ads, kenali istilah-istilah penting berikut ini beserta konsepnya  :

Fanpage.

  • Selain akun facebook personal, FB ads memerlukan fanpage, yaitu page atau halaman yang disediakan khusus oleh Facebook untuk melakukan bisnis. Dari 1 akun Facebook personal, Anda bisa bikin banyak fanpage.
  • Layaknya akun Facebook personal yang memiliki pertemanan, di Fanpage juga ada “Likes” dan “Follow”. Bedanya kalau akun personal membatasi hanya 5.000 friend, pada Fanpage jumlah likes dan follow tidak terbatas. Nah, orang yang “like” dan “follow” ini adalah calon customer Anda, oleh sebab itu Anda harus pastikan jumlahnya terus bertambah.

Marketing Objective

  • Facebook menyediakan berbagai macam objective atau tujuan yang dapat Anda pilih saat Anda melakukan kampanye atau FB ads. Tentunya hal ini akan sangat membantu Anda untuk menyusun strategi beriklan yang efektif dan efisien
  • Secara garis besar, sebetulnya tujuan FB ads adalah untuk mendatangkan traffic. Ada dua jenis trafik yang bisa Anda dapat dari FB ads :
    • Traffik ke Fanpage
    • Traffic ke luar Facebook, biasanya ke website atau landing page. Mengapa dibutuhkan website selain Fanpage? Karena orang yang masuk ke website memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi terhadap penawaran kita. Jadi akan membantu kita untuk menemukan calon customer yang sangat segmented dan siap membeli produk yang kita jual.

 

Baca Artikel Lainnya : Facebook Ads Dasar, Fanpage Vs Website

 

Untuk informasi dan tips lainnya mengenai Digital Marketing dan Bisnis Online, silahkan hubungi kami :

 

Atau Anda juga bisa joint telegram channel  DuniaMissKhallisa :

 

Penulis :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *