fbpx

Cara Menangani Noda Luntur

Kain luntur terjadi karena pelepasan warna textile yang masih tertinggal pada kain. Bisa jadi kain yang digunakan berkualitas dan tahan lama, namun terjadi pelepasan warna ketika pencucian pertama dan kedua. Hal tersebut dikarenakan adanya kontra indikasi antara zat pewarna kain dan kandungan yang terdapat di dalam detergent. Karena itu, pemilihan detergent pun sangat berpengaruh dalam pencucian.

Detergent yang disarankan untuk digunakan adalah detergent dengan kandungan fosfat yang rendah. Karena air deterjen yang berasal dari kandungan fosfat yang rendah (apalagi nil) masih bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Sehingga fosfat tidak membuat warna pada baju terlepas atau luntur. Detergent dengan kandungan rendah fosfat ini biasanya ditemukan pada detergent batik. Detergent tersebut sangat aman digunakan dan tidak mengalami kontra indikasi dengan warna pada kain.

Namun bagaimana jika Baju Anda sudah terlanjur mengalami luntur?
Tidak usah kuatir dengan baju yang luntur, karena Anda masih bisa menanganinya dengan cara-cara yang cukup mudah. Berikut ini cara agar baju yang luntur dapat kembali seperti baru :

Atasi Luntur Dengan Jeruk Nipis & Belimbing Sayur

Caranya, peras jeruk nipis atau blimbing sayur tersebut hingga keluar airnya, lalu air perasan diteteskan pada kain yang kena lunturan. Diamkan sejenak hingga cairan bekerja lalu bersihkan, bilas dengan menggunakan detergan seperti biasa.

Membersihkan Lunturan dengan Micin

Umumnya micin atau MSG merupakan penyedap masakan. Namun micin juga bisa digunakan untuk membersihkan kain yang terkena lunturan. Caranya, takar micin dan detergent dengan perbandingan micin lebih banyak daripada detergent. Kemudian campur dengan air hangat ke dalam ember, lalu pakaian direndam hingga air telah dingin. Kemudian bersihkan pakaian dalam detergen tanpa MSG dan hingga terlihat tanpa noda.

Membersihkan Lunturan dengan Cuka

Cuka banyak manfaatnya termasuk untuk membersihkan kain yang terkena lunturan. Caranya, campurkan cuka dalam larutan detergent dan air. Lalu rendamlah pakaian sekitar 30 menit kemudian bilas seperti mencuci biasa lalau jemur. Namun harus diperhatikan ada beberapa kain yang kurang cocok jika dicuci dengan air campuran cuka. Sehingga terlebih dahulu harus dicek sebelum mencuci.

Jika ketiga cara di atas masih belum bisa menghilangkan noda luntur pada pakaian Anda, bisa menggunakan cara berikut ini :

  • Rebus air bening (diusahakan air tidak keruh) kedalam 2 panci berukuran besar (disesuaikan dengan bajunya) sampai air mendidih.
  • Berikan 2-3 sdt garam pada panci pertama, dan setengah tutup botol detergent cair dan pelembut pakaian pada panci kedua.
  • Setelah air mendidih matikan kompor, celupkan baju tersebut berulangkali, 7 – 10 kali celup pada panci pertama yang diberikan larutan garam. Ingat, saat mencelupkan baju, harus dalam keadaan air telah mendidih.
  • setelah itu, masukan baju kedalam panci kedua yang telah dibubuhi detergent cair dan pelembut pakaian. Lalu rebus selama 5 menit.
  • Sebelum dijemur keringkan baju di mesin cuci dengan kecepatan rendah.
  • Bilas dengan air hangat, lalu jemur di tempat teduh dengan cara digantung.

Pencucian seperti ini biasanya hanya dilakukan untuk proses pencucian pertama sampai ketiga. setelah itu, untuk selanjutnya dapat dilakukan pencucian normal jika setelah pencucian terakhir sudah tidak luntur lagi.

Cara Menangani Noda Luntur

Cara Menangani Noda Luntur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *