fbpx

Online Shop Basic, Karakteristik Customer Online

Artikel berikut ini, mengenai Online Shop Basic sebetulnya merupakan bagian ketiga  dari dari rangkaian artikel yang ditujukan bagi Anda yang baru akan mulai membuka Online Shop.

Jadi sebaiknya Anda baca dulu artikel sebelumnya yah…

Pada bagian ini, kita akan bahas karakteristik customer online dan karakteristik produk yang akan Anda jual. Pengetahuan atas dua hal ini sangat penting bagi online shop basic, karena akan membantu Anda untuk menentukan pilihan platform digital yang akan digunakan. Kita bahas satu persatu yah…

Online Shop Basic, Karakteristik Customer Online

Paham karakteristik customer dan produk, modal utama online shop basic

Karakter customer online Indonesia.

Bisa dibilang karakter customer online di Indonesia itu unik. Jangan bayangkan  perilaku belanja online yang seperti di luar negri yah… klak-klik-klak-klik, selesai, uang masuk ke seller. Customer online di Indonesia masih sangat membutuhkan interaksi dengan seller. Atau bisa dibilang, sebagian besar masih berperilaku meng-online-kan perilaku belanja tradisional. Mengapa demikian, berikut alasannya :

  • Tingkat pemahaman internet yang masih sederhana dan gak mau ribet. Contohnya sebagai berikut, Saya lihat baju bagus di facebook, saya pengen order, kebetulan di situ di cantumkan no. WA penjualnya, yo wes, tinggal saya chat untuk order, transfer, tunggu barang datang, beres. Buat mereka gak kebayang, harus masuk ke website, registrasi,  tekan tombol order, tunggu konfirmasi lewat email, transfer, dan konfirmasi pembayaran lagi via email. Mungkin untuk email-nya saja mereka gak punya.
  • Tingkat penipuan belanja online di Indonesia masih cukup tinggi. Banyak customer saya yang cerita kalau mereka pernah ditipu dan jumlah uang yang ditipu juga tidak sedikit, sampai ratusan ribu. Sebaliknya, sebagai seller, saya juga kenyang dituduh tukang tipu… he3x. Jadi calon customer butuh berinteraksi untuk membangun trusted.
  • Customer ingin mendapatkan pengalaman “VIP treatment”. Mau pelayanan yang serba cepat, chat minta dibalas cepat, no. resi cepat dikirim, barang cepat sampai. Dan satu lagi yang paling penting adalah opportunity untuk menawar. Minta tambahan diskon atau free ongkir.
  • Kelihatannya ribet yah… ha3x, namun apabila Anda bisa mendeliver dua point diatas dengan baik, tak jarang calon customer akan berubah menjadi customer Anda yang loyal.

Selain karakteristik seperti di atas, ada juga jenis customer yang gak pake ribet dan sudah berperilaku selayaknya customer online sejati. Biasanya customer seperti ini datang dari usia yang lebih muda dan lebih melek internet.

Produk yang Anda jual.

  • Kalau produk yang Anda jual tidak terlalu mahal dan terlalu ribet, artinya tanpa membutuhkan penjelasan khusus pun, orang sudah paham. Biasanya calon customer tidak membutuhkan interaksi dengan seller, biasanya mereka bisa langsung transaksi
  • Sebaliknya kalau produk Anda premium, misalnya gamis seharga 1 juta rupiah, bisa di pastikan akan ada banyak pertanyaan mengenai produk Anda. Bisa berkaitan dengan ukuran, bahan, warna atau garansi produk apabila ada.

Demikian tulisan tentang Online Shop Basic mengenai karakteristik customer online Indonesia, semoga bermanfaat

 

Baca Artikel Lainnya : Online Shop Dasar, Aneka platform Olshop

 

Untuk informasi dan tips lainnya mengenai Digital Marketing dan Bisnis Online, silahkan hubungi kami :

 

Atau Anda bisa joint telegram channel  DuniaMissKhallisa :

 

Penulis :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *