fbpx

Tentukan Pilihan Hidup Anda

Beberapa hari yang lalu, di satu supermarket, secara tidak sengaja saya ketemu seorang teman yang sudah lama gak ktemu. Pertemanan kami terjadi karena sekitar 4-5 tahun lalu kami bekerja di kantor yang sama. Waktu kami bertemu dia sedang bersama keluarga, istri dan anaknya a handsome boy usia  4th. Ini kali kedua Saya lihat anaknya, pertama kali lihat itu waktu dulu dia masih bayi dan di bawa ke kantor oleh teman saya.

Lama gak ketemu kami pun saling bertukar cerita, teman saya cerita kalau putranya tidak tinggal bersama mereka melainkan dititipkan ke keluarga yang tinggal di home town mereka di Manado dan mereka hanya bertemu sekitar 2x dalam 1 tahun.

Membesarkan anak  memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain biaya sandang pangan, biaya pendidikan juga mencekik leher, apalagi kalau memperhitungkan biaya pendidikan sampai ke jenjang kuliah. Hal ini memaksa kedua orang tua untuk bekerja sementara mereka tidak memiliki orang yang dapat di percaya untuk menjaga dan merawat anak mereka. Masalah umum yang kerap menimpa keluarga muda di kota besar. Seperti yang terjadi pada temen saya, akhirnya mereka memutuskan untuk menitipkan sang anak pada keluarga besarnya dan menjalani kehidupan terpisah

Sebetulnya kebutuhan anak itu bukan hanya semata pada pemenuhan materi. Anak juga butuh hal lain yang tidak akan bisa terbeli oleh uang tapi sangat penting sebagai dasar / pondasi kehidupan mereka sebagai pribadi dewasa, yaitu berbagai  value kehidupan. Orang tua adalah pihak yang paling bertanggung jawab untuk menanamkan value tersebut ke anak. Mengapa demikian, karena sebagai orang tua, value itu kita dapatkan dengan belajar langsung pada kehidupan. Dengan berpegangan pada Values ini,  kita berproses dan berkembang untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Value ini yang kemudian menjadi legacy kita buat anak-anak kita, jauh lebih berharga dari harta benda materi yang bakalan aus dimakan waktu. Value akan selalu tertanam dalam benak anak-anak kita dan terbawa sampai mereka dewasa. Cara yang paling efektif untuk menyampaikan  value ke anak adalah melalui contoh nyata. Melalui perbuatan, perkataan yang di lakukan oleh orang tua. Kehidupan terpisah antara orang tua dan anak tentunya akan mempersulit terwujudnya hal ini.

Semuanya Tentang Pilihan Hidup

Sebetulnya jaman sekarang, kejadian seperti teman saya ini sangat bisa di hindarkan. Terima kasih kepada internet yang telah menyediakan peluang bisnis luar biasa. Ada 1001 peluang bisnis yang bisa Anda temukan, tinggal Anda pilih mana yang sesuai dengan passion atau keahlian Anda. Asal di jalankan dengan serius pasti bisa menghasilkan pemasukan yang cukup dan tak mungkin berlebihan.

Selain income, bisnis via internet juga menyediakan fleksibiltas yang luar biasa. Anda bisa atur sendiri waktu kerja dan dari mana Anda mau bekerja. Seorang mentor Internet marketing yang saya kenal, malah memindahkan basis bisnis online nya ke desa kelahirannya dari Jakarta.  Walaupun hanya dari desa, dia tetap bisa mencapai omzet yang luar biasa. Hi3x… enak yah… thanks to technology jaman now… tinggal di desa  tapi income tetap Jakarta.

Sekali lagi, semua itu pilihan… Saya rasa kehidupan terpisah ini juga bukan pilihan mudah buat teman saya dan keluarga. Catatan ini juga dibuat tanpa bermaksud men-judge siapa-siapa.  Tapi saya berharap dan mendoakan yang terbaik buat teman saya itu, semoga dia mau tergerak untuk cari info bagaimana cara berbisnis online, apa saja opportunity-nya dan at the end berani untuk mencoba. Bukan jalan yang mudah but it really worth to try. Masa pertumbuhan anak itu kan hanya satu kali seumur hidup, tidak akan bisa di ulang, jadi harus di upayakan se-optimal mungkin pendampingan dari orang tua. Masalah materi, Inshaallah selalu ada solusi-nya selama kita mau usaha, ikhtiar, belajar, action dan terus berdoa.

Tentukan Pilihan Hidup Anda
Dunia Miss Khallisa

 

Baca Artikel lainnya : Membangun Website Untuk Menarik Customer

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *